Rabu, 01 Desember 2010

tips agar selalu ikhlas



1 tahu benar dan salah
seseorang agar dapat menjadi ikhlas kunci pokoknya adalah ketika ia tahu benar dan salah. kita beramal haruslah secara benar. jangan sampai kita beramal dengan cara cara yang salah, maka cara cara yang salah inilah yang menjadikan amal amal kita tertolak karena menjadi sebuah bid'ah. kita bisa mengatakan "saya sudah ikhlas". tapi apakah itu benar?. sebagai contoh kita memberikan sedekah kepada seseorang, dan kitapun sudah merasa ikhlas. tapi hal itu manjadi salah ketika pemberiah itu menyakiti hati orang lain. dan suatu amalan itu bisa dikatakan ikhlas ketika kita melakukan dengan cara yang benartidak timbul rasa riya' dan kesombongan , serta tidak menyakiti hati orang lain

2 dilakukan dengan istiqomah
suatu amalan bila dilakukan secara istiqomah maka itu tidak dirasakan lagi sebagai beban. dan beban beban inilalah yang menjadikan hati ini kadang kandang merasa mengeluh atas apa yang kita lakukan . coba bandingkan ketika seseorang melakukan suatu amalan yang ruti kita lakukan . maka kita merasa ringan dan tidak manjadi suatu yang kita bangga banggakan. maka hal itulah yang menjadikan hati semakin zuhud pada suatu amalan.

3 memiliki komunitas
fungsi dari suatu komunitas adalah tempat kita saling menesehati yaitu yang saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran (al asr 3) . ketika hati ini mulai berpaling dari jalan keikhlasan maka kita ada yang selalu mengarahkan dan membimbing langkah langkah kita . jangan sampai kita terus berjalan menyusuri yang salah tanpa ada yang mencegah dan akhirnya kita terperosok masuk jurang.

wallahu a'lam bi showab

Tidak ada komentar: